Vaksinasi di UEA Capai 72,1 persen

Vaksinasi di UEA Capai 72,1 persen

ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) telah melampaui Seychelles untuk menjadi negara di dunia yang paling banyak memvaksinasi Covid-19 rakyatnya. Hal ini berdasar laporan dari Bloomberg seperti dilansir The Straits Times.

UEA sejauh ini telah memberikan 15,5 juta dosis dan jumlah itu cukup untuk memvaksinasi 72,1 persen dari 10 juta penduduknya yang sebagian besar ekspatriat berdasarkan rejimen dua dosis. Seychelles sendiri telah memberikan dosis yang cukup untuk memvaksinasi 71,7 persen dari populasinya yang hanya di bawah 100.000 jiwa.

Meski begitu, kasus Covid-19 di UEA tetap meningkat. Pada pekan lalu, Amerika Serikat menaikkan peringatan perjalanannya ke negara itu ke level tertinggi, dengan alasan risiko yang sangat tinggi penularan Covid-19.

Arab Saudi untuk sementara waktu juga melarang perjalanan ke UEA dan UEA telah masuk dalam daftar merah untuk perjalanan ke Inggris sejak Januari.

Infeksi harian di UEA telah meningkat di sekitar 2.000 kasus sejak Maret, dari puncaknya sekitar 4.000 pada Februari. UEA sendiri telah menguji lebih banyak orang per kapita dibanding negara lain dan tingkat kematian akibat Covid-19 terendah di dunia.

Sementara ibu kota Dubai yang menjadi pusat keuangan Timur Tengah, sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah pameran dagang internasional yang tertunda pada Oktober.

Di satu sisi, UEA menggunakan vaksin Covid-19 dari Pfizer dan AstraZeneca. Hanya saja, program vaksinasi di UEA sangat bergantung pada vaksin Sinopharm yang diproduksi secara lokal.

Pemerintah UEA berencana untuk menawarkan suntikan dosis ketiga vaksin Sinopharm kepada rakyatnya yang sudah mendapat dua dosis. (jp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: